Feb 2, 2015

Cara Browsing dengan Menggunakan Evolution Mail

Cara Browsing dengan Menggunakan Evolution Mail ~ Anda dapat mengirim dan menerima e-mail melalui dua macam cara. Cara pertama adalah menggunakan web browser. Cara yang kedua adalah menggunakan software khusus untuk e-mail yang disebut e-mail client. Perbedaan antara mengirim e-mail melalui web browser dan mengirim e-mail dengan aplikasi e-mail client terletak pada aplikasi yang digunakan dan metode koneksinya. Untuk mengirim e-mail melalui web browser, Anda harus masuk ke dalam halaman web yang menyediakan layanan e-mail, misalnya http://mail.google.com, http://mail.telkom.net, http://mail.yahoo.com.

Setelah Anda login dan memasukkan password, barulah Anda dapat membuka, menulis, dan mengirim e-mail. Hal berbeda akan Anda jumpai jika Anda mengirim e-mail dengan e-mail client. Untuk mengirim e-mail dengan e-mail client, Anda harus memunyai alamat email yang mendukung protokol POP3 dan SMTP. Alamat e-mail yang mendukung kedua protokol tersebut biasanya disediakan oleh penyedia layanan Internet (ISP). Beberapa penyedia email seperti Yahoo! Mail juga memberikan layanan POP3 gratis. Selain itu, Anda harus menginstall aplikasi e-mail client.

Evolution mail merupakan aplikasi e-mail client yang terdapat dalam paket installasi GNOME. Selain sebagai e-mail client, aplikasi ini dapat kita jadikan sebagai sebuah diary atau agenda kerja. Komponen agenda yang dimiliki Evolution antara lain:

  1. Mail, untuk mengirim dan membaca email
  2. Contact, sebagai address book atau buku alamat
  3. Calendar, sebagai time scheduler atau buku janji
  4. Memo, untuk membuat catatan-catatan penting
  5. Task, sebagai daftar agenda kerja
http://tik-mtstabah.blogspot.co.id/
Untuk memulai Evolution mail, adalah pilih menu Application → Internet → Evolution. Tampilan Evolution terlihat pada Gambar di bawah ini. Jika Anda perhatikan, tampilan e-mail client sangat berbeda dengan tampilan e-mail berbasis web. Dengan Evolution, Anda dapat mendownload e-mail, kemudian membacanya tanpa harus terkoneksi ke Internet secara terus-menerus. Cara ini sangat menguntungkan pengguna Internet yang membayar biaya koneksi Internet berdasarkan waktu.


EmoticonEmoticon